Minggu, 22 Januari 2012

KENICHI MATSUYAMA


 Karir Kenichi Matsuyama (dibaca Ken'ichi Matsuyama) tampaknya akan terus bersinar terang hingga beberapa waktu mendatang. Selain karena totalitas dalam berakting, cowok yang akrab disapa Matsuken ini tak segan untuk mencoba peran baru yang unik bahkan aneh.


Dia juga dikenal sebagai aktor yang fleksibel, berbagai peran dicobanya sehingga dirinya tidak punya image tetap dan dijuluki "Aktor Bunglon". Banyak orang yang menjulukinya sebagai Johnny Depp-nya Jepang, dan pada saat dirinya diundang untuk menghadiri premier Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street, para fans Johnny Depp banyak yang meminta tanda tangannya dan berjabat tangan.

Tak heran bila tawaran untuk berakting terus mengalir deras. Tahun 2010 Matsuken membintangi satu judul dorama, Japanese American dan 2 film layar lebar, Dareka ga Watashi ni Kiss o Shita dan Norwegian Wood. Sementara tahun depan, Matsuken turut ambil bagian dalam Gantz, My Back Page, Usagi Drop, dan Bokutachi Kyuukou A Ressha de Ikou.

Kesuksesan karir Matsuken tidak terjadi dalam sekejap mata. Dia mengawali karirnya pada tahun 2001 dengan ikut serta dalam acara New Style Audition, ajang pencarian bakat baru yan gdiadakan oleh agensi Horipro bersama majalah Boon dan pusat belanja Parco. Dalam gelaran itu, Matsuken berhasil menjadi pemenang utama dan di tahun yang sama dirinya mulai menjadi model untuk promosi Parco. Pada musim semi tahun 2002, Matsuken mulai menjajal dunia akting dengan bermain sebagai figuran dalam dorama Gokusen dan Tokyo Niwatsuki Ikkodate.


Tahun berikutnya Matsuken semakin sering muncul dalam drama, dan mulai bermain dalam film layar lebar. Film pertamanya adalah Akarui Mirai (2003) namun dirinya baru diberi kepercayaan untuk menjadi pemeran utama dalam film Winning Pass di tahun selanjutnya. Cowok yang punya kebiasaan memegang hidung ini akhirnya berhasil mencuri perhatian publik lewat perannya dalam Otoko-tachi no YAMATO (2005) dan 2 versi layar lebar dari manga Death Note (2006). Kerja kerasnya dalam dua judul itu diganjar dengan beberapa penghargaan bergengsi untuk kategori aktor terbaik atau pendatang baru terbaik.

Setelah perannya sebagai L dalam Death Note, hampir setiap tahun Matsuken selalu mendapat tawaran untuk membintangi live action movie dari manga atau novel populer, seperti Yume Juya (2007), Detroit Metal City (2008), Kamui Gaiden (2009), Kaiji (2009 dan lain-lain.


Salah satu tantangan terbesar dalam dunia akting mungkin telah dirasakannya saat memerankan Johannes Krauser II dalam Detroit Metal City. Dalam live action movie ini, Matsuken juga ikut tarik urat leher dan menyumbangkan suaranya untuk menyanyikan soundtrack-nya. Selain itu dia juga agak tertekan saat syuting adegan merokok. Tapi, segala derita dan usahanya itu berbuah manis dengan penghargaan dari gelaran 18th Japanese Movie Professional Award dan 32nd Japan Academy Awards.

Di luar profesinya sebagai aktor, Matsuken tetaplah cowok biasa yang bisa melompat jijik gara-gara seekor kecoa. Dalam hal kuliner, makanan yang disukainya adalah belu dan yang tak disukainya adalah wasabi, besar kemungkinan kalau dirinya tak suka makanan pedas. Matsuken adalah penggemar berat Musashi Miyamoto, Nobunaga Oda dan Yusaku Matsuda, aktor Jepang yang spesialisasinya adalah membintangi drama detektif.

Cowok yang gemar membaca buku cerita bergambar ini berkeinginan untuk menulis sebuah buku bergambar dengan tema perang.


PROFILE
Nama Asli:
Kenichi Matsuyama
NickName: Matsuken
Tempat/Tanggal Lahir: Aomori, 5 Maret 1985
Golongan Darah: B
Tinggi Badan: 180cm
Ukuran Sepatu: 28 cm
Tahun Aktif: 2001
Agensi: Horipro
Website: http://horipro.jp/talent/PM026





Tidak ada komentar:

Posting Komentar