Rabu, 08 Februari 2012

Yes or No 2010 (Film Thailand)


Sebelumnya aku minta maaf karena postingan biografi kali ini gak bisa terlalu detil. Seperti yang kita semua tau, orang2 Thailand umumnya cuma menggunakan tulisan Thailand di karya2 mereka. Jadi kalo diantara kalian ada berminat cari info soal profil para pemain film Thailand macem Rattapoom Tokongsap (Superstars), Mario Maurer (The Love of Siam), Jirayu Laongmanee (Phobia 2) atau Chantavit Dhanasevi (Hello Stranger), well, aku saranin kalian untuk belajar Bahasa Thailand dulu. Oke, kalo ditanya kenapa aku nekat bikin postingan ini padahal aku gak punya info apa2 soal dua artis yang mau aku bahas, jawabannya sederhana: karena aku pengen banget ngelurusin info2 yang beredar soal cast film Yes or No.



Karena ketidaktauan penonton (ato karena kemalasan mereka ngeliat closing credits), banyak sekali penonton yang salah mengenali cast film Yes or No. Umumnya, mereka beranggapan kalo pemeran Pie di film ini adalah Arisara Tongborisuth, sedangkan pemeran Kim adalah Soranut Yupanun. Waduuuh, itu dapet info dari manaaa, coba??? FYI, yang jadi Pie itu sebenernya namanya Sucharat Manaying, sedangkan yang jadi Kim itu namanya Supanart Jittaleela. Gak percaya? Oke, sekarang kalian cari DVD film ini, liat end credits-nya, dan pelototin tuh nama2 pemainnya. Gak usah kuwatir ketemu sama tulisan Thailand yang kruwel2, soalnya credits film ini disertai tulisan dengan huruf2 yang universal.


 Profil Sucharat Manaying
Real Name: Sucharat Manaying
Nickname: Aom
D.O.B : January 9, 1988
Education: Srinakarinwirot Prasarnmit (Faculty of Fine and Applied Arts), majoring in Acting
*Susah nih, cari info soal cewek yang satu ini.. 


Profil Supanart Jittaleela
Real Name: Supanart Jittaleela
Nickname : Tina
D.O.B : February 12, 1991
Education: Chiang Mai University, majoring in International Software Engineering
*Karena alasan lokasi yang terlalu jauh, Tina baru aja mengundurkan diri dari kampusnya. Rencananya dia akan pindah ke salah satu kampus di Bangkok.

**Kabarnya, si Tina ini emang asli penyuka sesama jenis. Well, aku belum nemu berita yang akurat soal ini sih, tapi kalo diliat dari jawabannnya pas Meet & Greet film ini, nampaknya sih emang demikian. Waktu itu si Tina ditanyain, dia lebih suka cewek apa cowok. Dan jawabannya adalah: “I thought men are lovely, but women are lovely more..”. Waduhh!!^^”


Sekali lagi, aku minta maaf kalo misalnya apa yang aku tulis disini kurang informatif. Tapi mudah2an sih setelah ini gak akan ada lagi penonton yang salah mengenali pemain filmYes or No.. Oia, sekedar tambahan info, yang namanya Soranut Yupanun itu sebenarnya adalah cowok ini:


Hayoo, pada inget gak sama makhluk rupawan yang satu ini? Kalo gak inget, kayaknya kebangetan deh. Hehe.. Dia ini cowok yang ngaku2 sebagai pacarnya Pie.




Yes or No ini merupakan film lesbian pertama yang diproduksi Thailand. Mengisahkan persahabatan antara teman sekamar, Kim (Suppanat “Tina” Jittaleela) dan Pie (Sucharat Manaying) yang berubah jadi cinta.







Yes or No ini merupakan film lesbian pertama yang diproduksi Thailand. Mengisahkan persahabatan antara teman sekamar, Kim (Suppanat “Tina” Jittaleela) dan Pie (Sucharat Manaying) yang berubah jadi cinta.

Kim dan Pie adalah mahasiswa baru dan mereka kebetulan tinggal 1 kamar di asrama universitas. Pie adalah gadis manis, feminin yang sangat membenci buci (kalo di thailand disebut “tom”). Pie baru saja minta pindah kamar karena sebelumnya dia satu kamar dengan Jane (yang kebetulan femme/kalo di thailand disebut “dii”). Pie dan Jane tetap jadi teman baik meskipun Pie sangat membenci buci.

Nah kebetulan di kamar barunya ini Pie satu kamar dengan Kim. Pertemuan pertama Kim dan Pie sangat lucu, mereka saling membenci, (sebenarnya yg benci itu Pie) karena satu kamar dengan seorang buci. Saat waktu berlalu mereka pun akhirnya berteman. Dan mereka selalu menghabiskan waktu bersama.

Kim sebenarnya memendam rasa untuk Pie, dan merasa cemburu saat Pie dijemput pria bernama P’Van, yg berteman dengan Pie sejak kecil. Pie sendiri meskipun mengaku benci dengan Kim ternyata juga memperlihatkan gelagat cemburu ketika Kim di dekati Jane yang memang dari awal sudah suka dengan Kim.

Dengan saling memendam perasaan inilah mereka tanpa sadar merasa saling membutuhkan, tapi akankah mereka bisa mengungkapkan perasaan masing2? Apakah Pie yang sebenarnya gadis straight mau mengungkapkan perasaannya?

Film ini sangat bagus sekali, wajib untuk ditonton, ada banyak adegan lucu, adegan romantis, bahkan bisa membuat kita menangis.

Film ini diproduksi tahun 2010 dan disutradarai oleh Sarasawadee Wongsompetch, dia seorang sutradara muda Thailand yang juga seorang lesbian. Film ini menggambarkan kehidupan lesbian di Thailand, seperti kebanyakan masyarakat timur, tentu saja ga mudah untuk bisa terbuka tentang seksualitas. 



Yes or No (thailand)



Yes or No (Thailand) 



Yes or No (Thailand)



Yes or No (Thailand)



Yes or No (Thailand) 


Yes or No (Thailand)
Kabarnya film ini hanya berbudget kurang dari $400,000 budget yang cukup minim untuk sebuah film. Namun diluar dugaan ternyata film ini sukses. Bahkan kini tim yang sama sedang membuat film baru (hmm..bakal sesukses yang ini ga ya), kita tunggu aja!!


1 komentar: