Kamis, 19 Januari 2012

20 Fakta Menarik Tentan New Zealand



Apakah kalian salah satu dari mereka yang memiliki ketertarikan besar dengan New Zealand ? berikut ini adalah 20 fakta menarik tentang New Zealand berdasarkan tulisan dari Jamie Frater (listverse.com)
  1. Pada tahun 1901, Selandia baru (New Zealand) menerima tawaran dari Australia untuk bergabung namun ditolak oleh Selandia Baru untuk terikat menjadi satu negara.
  2. Kiwi bukanlah sebuah buah, melainkan nama burung di selandia baru dan menjadi sebuah slang untuk warga negaranya.
  3. Selandia Baru adalah negara besar pertama yang melegalkan hak pilih kepada pria dan wanita untuk melakukan vote.
  4. Selandia Baru pertama kali ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1642 ketika pelaut asal belanda Abel Tasman, tiba di Selandia Baru. Ia meninggalkan Selandia baru setelah beberapa crew nya dibunuh oleh Maoris dan  hingga pada tahun 1769, Seorang kapten asal inggris, James Cook, tiba dan memetakan tanah.
  5. Queen Elizabeth II adalah ratu dari Selandia Baru
  6. Selandia baru adalah satu dari tiga negara yang memiliki dua lagu national. Lagu national yang pertama adalah “God Save the Queen” dan God Defend New Zealand. 2 Negara lainnya yang memiliki dua lagu kebangsaan lainnya adalah Denmark dan Canada.
  7. Burung asli New Zealand, The Moa, adalah burung terbesar dalam sejarah. Sayangnya mereka diburu oleh Maoris pada akhri tahun 1500an.
  8. Ketika orang eropa tiba di Selandia baru,  pulau ini telah dihuni oleh orang Amori – Warga polinesia timur yang tiba sekitar tahun 800 dan 1300. Berdasarkan tradisi yang diceritakan, orang Maori berasal dari lokasi yang tidak dikenal. Namun berdasarkan hubungan linguistik yang sangat kuat, Maori mungkin berasal dari wilayah di pasifik
  9. Kelompok lainnya yang hampir sama berasal dari kelompok maoris menetap di kepulauan Chatham. Mereka dikenal dengan nama Morioris. Tahun 1835, kelompok kelompok Maoris bergerak ke pulau Chatham dan menyapu rata kelompok Morioris.
  10. Selandia Baru merupakan negara pertama yang posisi tiga teratas kekuasaan dipegang oleh perempuan. Perdana menteri Helen Clark, Gubernur Jendral Dame Silvia Cartwright dan hakim agung Sian Elias.
  11. Selandia Baru memiliki posisi perdagangan internasional untuk penjualan domba terbesar. Setidaknya 1 warga selandia baru memiliki 9 domba (populasi selandia baru adalah 4 juta jiwa)
  12. Wellington, merupakan ibukota selandia baru, yang berada di kota paling selatan di dunia.
  13. Selandia Baru dipaksa keluar dari  persekutuan ANZUS (Australia, New Zealand, United State) tahun 1980 akibat pelarangan penggunaan tenaga nuklir. Saat ini, Selandia baru tidak memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir. Untuk membangun PLTN ini, Selandia baru perlu mengganti regulasi hukum yang dibutuhkan.
  14. Selandia baru memiliki salah satu arena media yang paling liberal di dunia.
  15. Selandia baru adalah negara plastik. Hampir dalam setiap transaksi keuangan pribadi dibuat dengan menggunakan kartu kredit. Kebanyakan toko menawarkan EFTPOS (hampir mirip dengan Chip dan Pin di Inggris) dan pembayaran secara cash semakin berkurang. Ada kemungkinana selandia baru adalah negara pertama yang menawarkan sistem pembayaran ini. Mayoritas taksi sekarang memungkinkan anda untuk membayar tanpa cash, melainkan melalui sistem ini.
  16. Selandia baru merupakan negara yang cukup terbuka dengan perkawinan sesama jenis yang dilegalkan. Usia untuk mengemudi adalah 15 tahun, usia seks konsensual adalah 16 tahun, dan usia minimum 18 tahun untuk mengkonsumsi alkohol.
  17. Danau Taupo (salah satu tujuan turis yang paling populer) adalah sumber dari erupsi terbesar di dunia sejak 70.000 tahun terakhir.
  18. Selandia baru adalah daratan besar terakhir untuk dihudi (dengan pengecualian daerah kutub)
  19. Selandia Baru dan Pemenang nobel, Ernest Rutherford, dikenal sebagai bapak fisika nuklir untuk teori orbital atom nya.
  20. Sir Edmund Hillary adalah orang pertama yang mencapai puncak gunung Everest.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar