Sabtu, 21 Januari 2012

KELUARGA YANG BERPENGARUH DI DUNIA


banyak pribadi yang sangat berpengaruh dalam sejarah manusia namun tidak termasuk dalam kajian fakta unik ini. Namun walaupun tidak masuk, tidak berarti mengurangi pengaruh pribadi-pribadi tersebut. Kriteria yang digunakan disini adalah besarnya pengaruh dan jumlah anggota keluarga yang berpengaruh. Jika ada pengelompokan secara pribadi maka susunan ini merupakan pengecualian.
 
Rothschild Family
Keluarga Rothschild, sering disebut hanya sebagai Rothschilds, adalah dinasti perbankan internasional dan keuangan Yahudi asal Jerman yang didirikan dan beroperasi di seluruh Eropa, oleh pemerintah Austria dan Inggris. Peningkatan keluarga untuk terkenal di dunia internasional dimulai dengan Amschel Mayer Rothschild 1744-1812, dengan cara tetap mengontrol bisnis mereka di tangan keluarga, yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan diskresi penuh tentang ukuran kekayaan mereka dan prestasi bisnis mereka.

Plantagenets
House of Plantagenet adalah
fakta unik rumah kerajaan yang didirikan oleh Henry II dari Inggris, anak dari Geoffrey V dari Anjou. Plantagenet raja pertama memerintah Kerajaan Inggris pada abad ke-12. Secara total, penguasa Plantagenet lima belas, termasuk cabang kadet, memerintah Inggris dari 1154 sampai 1485. Sebuah kebudayaan Inggris khas dan seni muncul selama era Plantagenet, didorong oleh beberapa penguasa yang pelindung dari “bapak puisi Inggris”; Geoffrey Chaucer.

Gaya arsitektur Gothic yang populer sampai sekarang seperti Westminster Abbey dan York Minster dimodifikasi dalam gaya itu. Ada juga perkembangan yang berlangsung di sektor sosial, seperti John I dari Inggris menandatangani Magna Carta. Ini berpengaruh dalam pengembangan hukum umum dan hukum konstitusional. lembaga politik seperti Parlemen Inggris dan Model Parlemen berasal dari periode Plantagenet, seperti halnya lembaga-lembaga pendidikan termasuk Universitas Cambridge dan Oxford.
Nehru-Gandhi family

Keluarga Nehru-Feroz Gandhi adalah sebuah keluarga politik India yang dominan di Kongres Nasional India dan sebagian besar sejarah awal independen India. Tiga anggota keluarga yaitu Pandit Jawaharlal Nehru, Indira Gandhi putrinya dan putranya Rajiv Gandhi telah menjadi Perdana Menteri India, dua di antaranya Indira dan Rajiv Gandhi telah dibunuh. Seorang anggota keempat keluarga, Sonia Gandhi, menjadi Presiden Kongres, sementara putra Rajiv, Rahul Gandhi, adalah anggota termuda dari keluarga untuk masuk politik aktif ketika dia diperdebatkan dan memenangkan kursi di majelis rendah Parlemen India pada tahun 2004. The Nehru-Gandhi adalah contoh yang paling menonjol dari tradisi dinasti kepemimpinan di negara-negara demokratis Asia.

Khan Family
Genghis Khan adalah pendiri Khan (penguasa) dan Khagan (kaisar) Kekaisaran Mongol, kerajaan berbatasan terbesar dalam sejarah. Dia datang ke kekuasaan dengan menyatukan banyak suku nomaden timur laut Asia. Setelah mendirikan Kekaisaran Mongol dan yang menyatakan “Genghis Khan“, dia memulai invasi Mongol dan serangan dari Kekhanan Kara-Khitan, Kaukasus, Khwarezmid Kekaisaran, Xia Barat hingga dinasti Jin. Selama hidupnya, Kekaisaran Mongol akhirnya menempati sebagian besar Asia Tengah.



Sebelum Genghis Khan meninggal, ia menugaskan Ogadai Khan sebagai penggantinya dan membagi kerajaannya diantara anak dan cucunya. Dia meninggal pada 1227 setelah mengalahkan Tanguts. Dia dimakamkan di sebuah makam tak bertanda di suatu tempat di Mongolia pada lokasi yang tidak diketahui. Keturunannya melanjutkan untuk memperluas Kekaisaran Mongol di sebagian besar Eurasia dengan menaklukkan dan menciptakan negara pengikut dari seluruh Cina modern, Korea, Kaukasus, negara-negara Asia Tengah, dan sebagian besar Eropa Timur modern dan Timur Tengah.
Claudia and Julius Families
Kedua keluarga digabungkan sebagai keluarga yang paling penting Romawi Kuno dan akhirnya bergabung bersama untuk membentuk Dinasti Julio-Claudian yang memberikan kaisar paling terkenal: Caligula, Augustus, Claudius, Tiberius, dan Nero. Kelima kaisar memerintah Kekaisaran Romawi dari 27 SM sampai 68 Masehi, ketika sampai titik terakhir kekuasaan, Nero bunuh diri. Kelima penguasa terhubung melalui perkawinan dan adopsi ke gen-gen keluarga Julio dan Claudia.
Julius Caesar tidak tepat sebagai pendiri melainkan Augustus lebih diterima secara luas. Selalu memperluas wilayah Kekaisaran Romawi dan memprakarsai proyek-proyek pembangunan besar-besaran. Mereka umumnya dicintai oleh rakyat biasa, tetapi dibenci oleh kelas senator. Sentimen yang tercermin oleh sejarawan kuno menggambarkan Julio-Claudians sebagai aggrandizing, gila, aneh dan tirani seksual.

julius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar