Sabtu, 21 Januari 2012

Cara menghilangkan jerawat

Sebelumnya saya sudah posting tips menghilangkan jrawat, tapi untuk lebih jelas dalam hal ini saya akan bahas lagi lebih mendalam. Sebetulnya jerawat merupakan suatu fenomena biological yang terjadi pada kulit akibat dari masalah keradangan tisu pada bahagian kelenjar minyak di kulit manusia.Jerawat; bahasa Inggeris “Acne Vulgaris”, yaitu masalah kulit yang berlaku pada Pilosebaceous (terdiri daripada rongga rambut dan kelenjar minyak) pada bagian kulit. Masalah jerawat selalunya sering dialami oleh golongan remaja akil baligh dan dewasa disebabkan oleh perubahan hormon badan yang normal.
Terdapat laporan yang menunjukkan bahawa masalah jerawat kerap berlaku dalam kalangan remaja. Semasa proses kematangan berlaku, kelenjar-kelenjar minyak menjadi aktif kerana penghasilan sebum akibat perubahan hormon. Kegagalan folikel pilosebaceous untuk berfungsi dengan baik ketika perubahan hormone dalam tempoh masa remaja akan menyebabkan jerawat tumbuh. Hormon yang dimaksudkan adalah hormone testeron. Oleh sebab itulah kenapa jerawat bermunculan pada kulit wajah usia remaja.
- Minyak zaitun
Zaitun dipercaya dalam mengatasi kesehatan. Selain itu zaitun juga dapat digunakan dalam hal kecantikan. Seperti dalam kegunaannya untuk menghilangkan jerawat. Sebelumnya, pada umumnya jerawat bermunculan dikarenakan oleh faktor kulit yang berminyak. Untuk itu cara mengatasi hal tersebut dapat menggunakan minyak yang satu ini. Oleskan sedikit saja minyak zaitun pada wajah anda, kemudian tempelkan tissu kering lalu diamkan beberapa saat, maka minyak yang ada akan terangkat, sehingga wajah anda terasa segar, lembut dan tidak berminyak.
- Jeruk dan Madu
Tidak ada salahnya, Anda mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi jerawat di wajah. Misalnya, dengan menggunakan masker madu dan jeruk nipis. Dalam madu, terdapat kandungan zat antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri yang ada pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Sedangkan, air jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah sehingga dapat mencegah kotoran menempel di wajah.
Berikut langkah-langkah untuk membuat masker dari jeruk nipis:
* Ambil jeruk nipis dan peras airnya sebanyak 1 sendok teh.
* Campur air jeruk nipis tadi dengan 1 sendok teh madu.
* Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit.
* Bilas dengan menggunakan air dingin.
- Daun seledri
Mungkin saya akan menerangkan pengalaman saya untuk mengurangi kelebihan minyak berlebih secara tradisional, karena menurut saya lebih hemat, cepat dan aman tanpa efek samping.dan disini saya menggunakan daun seledri yang sangat ampuh selain bisa mengobati darah tinggi, namun juga bisa mengurangi kadar minyak di wajah sehingga dapat menghindari/menghilangkan jerawat.
Cara Penggunaanya :
* Ambil daun Seledri secukupnya lalu dipotong hingga kecil-kecil, dan setelah di potong kecil-kecil, potongan seledri tersebut dimasukan ke dalam panic yang sudah dimasuki air yang mendidih, dan biarkan rendaman seledri panas tersebut selama 15-20 menit lamanya, setelah didiamkan selama 15-20 menit, dan bisa dibiarkan agar dingin (20-30 menit).
* Oleskan air Seledri yang sudah direbus dan sudah dingin tadi ke bagian seluruh wajah, biarkan hingga air Seledri tersebut meresap dan mengering.Setelah air Seledri meresap dan mengering bisa dibilas atau dibersihkan dengan air hingga bersih. Gunakan 2 hari 1 kali pemakaian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
- Mentimun
Buah mentimun dicuci lalu diiris-iris. lrisan mentimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Lakukan setiap hari.
- Kentang
Caranya, ambil sebutir kentang, lalu kupas dan potonglah tipis-tipis. Tempelkan potongan-potongan kentang tersebut ke seluruh muka anda dan biarkan sehingga warna kentang itu menjadi keabu-abuan dan kering. Sebelum ditemnpelkan, warna kentang tersebut biasanya kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar